Buah Makin Banyak,

Pertumbuhan Makin Bagus


Saya memiliki lahan kelapa sawit seluas 6 hektar. Lahan yang menggunakan produk pertanian NASA sebagai uji coba hanya seluas 1 hektar. Umur Kelapa sawit yang menggunakan produk pertanian NASA berkisar antara 3 hingga 4 tahun. Pada umur tersebut kelapa sawit sudah mulai berbuah.


Mengenal produk pertanian NASA pertama kali dari Bp. Riyanto (leader NASA/petani kelapa sawit). Produk NASA yang saya gunakan diantaranya adalah Super NASA, POC NASA dan Hormonik. Produk-produk itu saya gunakan dengan cara disemprotkan, dosisnya adalah : Super NASA 3 sendok makan + POC NASA 30 cc + Hormonik 10 cc. Dosis tersebut dilarutkan air sebanyak 15 liter untuk setiap 10 pohon.


Perlakuan produk NASA ini baru pertama kalinya, namun melihat perkembangan tanaman sangat bagus. Pada awal penggunaannya pertama kali saya semprotkan dari bulan Pebruari 2005 sampai dengan sekarang.


Penyemprotan dilakukan pada batang dan tanah. Perbedaannya sangat mencolok daripada tanaman kelapa sawit yang tidak menggunakan produk pertanian NASA, yakni pada kurun waktu 3 - 4 minggu daun kelihatan lebih bagus, daun hijau agak kehitam-hitaman dan segar. Kelihatan pula buah banyak bermunculan, merata dan lebih besar. Bentuk buah pertama (pasir) lebih besar dan lebih jernih terlihatnya.Selain menggunakan produk pertanian NASA, saya juga menggunakan NPK sesuai anjuran dari PPL. Satu pohon dalam 1 tahun diberikan NPK sebanyak 4Kg, yang ditaburkan 1-2 kali. Hasil secara keseluruhan belum bisa saya hitung secara ekonominya, namun demikian jika dilihat dari kondisi pohon, maka saya pastikan lebih untung. Reaksi produk pertanian NASA lebih cepat, dalam 1 bulan saja daun lebih hijau dan tanahnya tambah gembur.

Tetangga lahan sering menanyakan pada saya, menggunakan pupuk apa, kok tanahnya begitu subur dan pertumbuhannya lebih bagus. Maka saya jawab saja menggunakan produk pertanian NASA. Salah satu petani kelapa sawit, Bp. Muhidir, mengatakan bahwa dahulu tanah di lahan kelapa sawit milik Bp. Suyanto kurang subur, namun setelah menggunakan produk pertanian NASA kini mulai subur, pertumbuhannya bagus, daun juga lebih hijau dan bagus, serta buahnya bertambah banyak.

Nurhaji

Ds. Krayen Bahagia Kec. Long Ikis, Kab. Pasir Kalimantan Timur

Lebih Untung Gunakan Produk NASA

Umur tanaman kelapa sawit milik saya sudah 9 tahun. Luas lahan kelapa sawit seluruhnya 4 hektar. Karena saya baru mengenal produk NASA maka saya hanya mengaplikasikan produk pada lahan 2 hektar saja. Produk yang digunakan: POC NASA 2 botol, Super NASA 2 botol, dan Hormonik 2 botol dicampur air 225 liter. Lahan seluas 2 hektar ini terdapat 220 pohon dengan aplikasi 225 liter air disiramkan pada sekitar batang (piringan). Rata-rata tiap pohon mendapat 1 liter. Tanaman kelapa sawit ini tanpa menggunakan NPK, sebagai gantinya saya gunakan pupuk kandang dosis 2 karung (80 kg) untuk tiap pohon dengan interval 8 bulan sekali. Tanaman yang tidak menggunakan produk NASA tetap menggunakan NPK sesuai anjuran PPL pemerintah. Meski tanaman kelapa sawit yang menggunakan produk NASA ini kurang terawat, namun kelapa sawit tumbuh bagus.

Penggunaan produk NASA pertama kali saya aplikasikan pada 18 Juni 2004 (saat kemarau panjang) untuk tiap pohon 1 liter larutan, pengaruhnya sangat nampak pada bulan September 2004. Efek pemberian produk NASA terlihat mulai bulan ke-3 ditandai warna daun lebih hijau dan bermunculan buah. Buah terlihat segar, kalau sudah merah tidak rontok, padahal biasanya buahnya tidak cerah dan mudah rontok. Banyak keuntungan saya dapatkan, yaitu banyaknya jumlah tandan yang saat ini berjumlah 385 tandan. Padahal sebelum gunakan produk NASA hanya 78 tandan. Susunan buah lebih banyak dari yang tidak menggunakan produk NASA. Buah dipanen yang tidak gunakan produk NASA hasilnya 1 Ton. Sedangkan yang menggunakan produk NASA hasilnya 4 Ton. (Periode Januari 2005 - April 2005) dan secara kontinuitas produktivitasnya lebih tinggi. Sedangkan yang tidak menggunakan produk NASA kontinuitas produksinya rendah.


Penimbangan tanaman sawit umur 9 tahun menggunakan produk NASA bobotnya ± 31 ,5 Kg, panjang buahnya mencapai ± 62 cm dan panjang keliling buah 130 cm. Dibanding ukuran buahnya yang tidak menggunakan produk NASA (penggunaan dosis NPK sesuai anjuran PPL pemerintah) setelah ditimbang beratnya hanya 14 Kg, panjang 45 cm dan diameter buah 97 cm. Tanaman yang diberi produk NASA pelepahnya lebih empuk sehingga memudahkan pemanenan. Serangan hama dan penyakit belum ada. Kapling (Iahan) yang menggunakan NASA hasilnya 4 ton, kapling yang tidak gunakan NASA 1 ,5 - 2 Ton. Kapling (Iahan) petani lain hanya 0,3 - 0,5 Ton. Hasil total panen kelapa sawit selama 4 bulan perkapling (2 hektar) : yang menggunakan produk NASA hasilnya 16 Ton (4 bulan) dan yang tidak menggunakan produk NASA hasilnya 8 Ton (4 bulan).


Tambahan keuntungan ekonomi per 4 bulan (2 hektar) : Hasil panen menggunakan produk NASA sebanyak 16 Ton, sedangkan hasil panen tanpa produk NASA sebanyak 8 ton, jadi ada selisih produksi 8 Ton. Jika harga sawit Rp. 500.000/Ton, maka ada tambahan keuntungan Rp. 4.000.000. Untuk pembelian produk NASA Rp. 300.000 maka ada tambahan keuntungan bersih Rp. 3.700.000 Maka gunakan produk NASA hasil terbukti hasil panen kelapa sawit saya meningkat. NASA memang OKE ...!!!

Suyanto

Desa Kayungu, Kec. Long Ikis, Kab. Pasir Kalimantan Timur