Pertumbuhan Cabai Luar Biasa
Menanam cabai sudah saya lakukan dari dulu namun pertumbuhan cabai selama itu masih kurang bagus. Sekarang pada musim ini saya menggunakan produk NASA diantaranya POC NASA, Hormonik, AERO dan PESTONA. Saya sudah melakukan tiga kali penyemprotan pada usia cabai menginjak 19 hari ini. Penyemprotan saya lakukan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dengan perlakuan seperti itu pertumbuhan tanaman cabai sangat bagus, beda dengan yang dulu ketika saya belum menggunakan produk NASA ini. Pertumbuhan tanaman yang sangat bagus seperti ini biasanya dicapai pada usia diatas 22 hari. Keuntungan lain dengan menggunakan produk NASA ini, saya dapat menghemat penggunaan pupuk kandang dan NPK. Produk pertanian NASA memang sangat luar biasa.
Engkun
Desa Jaya Ratu Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya - Jawa Barat

Tanaman Tumbuh Subur, Tanpa Hama & Penyakit
Saat ini usia tanaman cabai besar milik saya menginjak usia 56 hari. Untuk penggunaan produk pertanian dari PT. NASA seperti GLIO, POC NASA, HORMONIK dan PESTONA, saya mengggunakannya ketika usia tanaman mencapai 7 hari. Penggunaan POC NASA dan HORMONIK saya lakukan setiap 5 hari sekali dengan cara disemprotkan.

Dosis yang saya gunakan yakni POC NASA 40 cc ditambah 10 cc HORMONIK dilarutkan ke dalam 1 tangki air ukuran 14 liter. Selain itu untuk mengantisipasi dari berbagai serangan hama, saya menggunakan PESTONA dengan waktu penyemprotan juga seminggu sekali. Alhamdulillah sampai dengan sekarang tanaman saya mengalami pertumbuhan yang sangat luar biasa bagusnya. Pada umur 56 hari ini saja ketinggian tanaman mencapai + 130 - 150 cm, tanpa terlihat adanya serangan hama, padahal dulu sebelum menggunakan produk-produk PT. NASA ini, pertumbuhan tanaman kurang bagus dan gampang sekali kena serangan hama dan penyakit. Produk pertanian PT. NASA telah memberikan solusi terbaik bagi tanaman cabai yang saya tanam ini.
H. Basyid
Jember - Jawa Timur

HASIL PANEN KEMBALI MENINGKAT

Luas lahan yang saya tanami cabai jenis lokal adalah 1000 m2 (0,1 Ha). Sampai saat ini umur tanaman 4,5 bulan (135 hari). Pupuk yang saya gunakan SUPERNASA, POC NASA, HORMONIK, GLIO, Pentana dan PESTONA. Pada saat pengolahan tanah, sebelum dibuat bedengan tanah diberi dolomit. Kemudian diberi pupuk makro (ZA, KCl, TSP) kurang lebih 25 Kg. Mengenai pemberian SUPERNASA yaitu : 3 sdm dicampur dengan air 15 liter, siramkan ke bedengan lalu di tutup dengan plastik mulsa. Baru kemudian ditanam. GLIO digunakan dengan cara dilarutkan bersama SUPERNASA dan disiramkan ke bedengan.

Setelah ditanam, saya menggunakan 40 cc POC NASA + 10 cc HORMONIK dalam 1 tangki air 15 liter, semprotkan 1 minggu sekali. Untuk pemupukan setelah tanam, selain produk pertanian NASA, saya juga menggunakan pupuk kimia, NPK 2 Kg + 40 cc POC NASA diaduk dan dicampur air sebanyak 1 ember (+ 10 liter) ambil 1 gelas larutan untuk tiap tanaman.

Guna mengatasi serangan penyakit layu tanaman saya menggunakan GLIO, caranya ; 1 sdm GLIO dicampur 15 liter air, kemudian dikocorkan ke tanaman. Untuk mengatasi serangan hama kutu saya menggunakan Pentana dan PESTONA. Pentana saya gunakan dengan 3 tutup + air 1 tangki (15 liter) disemprotkan setiap 5 hari sekali. Sedangkan PESTONA saya gunakan dengan dosis 40 cc + air 15 liter (1 tangki) disemprotkan seminggu sekali.

Sampai dengan saat ini saya telah menggunakan produk NASA antara lain : POC NASA 2 botol, HORMONIK 2 botol, SUPERNASA 2 botol, GLIO 1 pack, Pentana 1 botol dan PESTONA 1 botol. Keuntungan
setelah menggunakan produk NASA diantaranya : 1) Pengolahan tanah mudah, 2) Tanah menjadi subur, 3) Pertumbuhan tanaman lebih cepat, 4) Buah dapat dipanen hingga ujung tanaman.

Keuntungan lainnya adalah dari tinggi tanaman. Tinggi tanaman cabai sebelum menggunakan produk NASA hanya 100 cm (1 meter), tetapi setelah saya menggunakan produk NASA tingginya rata-rata 175 cm bahkan ada yang tingginya mencapai 196 cm (hampir 2 meter). Setelah menggunakan produk NASA warna hijau daun lebih tahan lama dan bukan itu saja penggunaan pupuk makro (kimia) lebih sedikit (Biaya dapat ditekan).

Untuk lahan seluas 0,1 Ha ini saya sudah panen sebanyak 5 kali dan akan masih terus panen. Perincian hasil 5 kali panen yaitu : Panen 1 = 1 Kg, Panen 2 = 3 Kg, Panen 3 = 15 Kg, Panen 4 = 30 Kg dan Panen 5 = 50 Kg. Hasil produksi yang menggunakan produk NASA lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan produk NASA. Dari segi ekonomi setelah menggunakan produk NASA lebih menguntungkan karena dapat menekan biaya pengeluaran hingga mencapai 50%. Pesan saya kepada petani di Indonesia agar menggunakan produk-produk NASA, karena sudah terbukti hasilnya bagus dan menguntungkan.
Mulhenry Maruhun
Jorong Pasir Lawe, Kanagarian Pasir Lawe,
Kec. Palopo, Kab. Agam, Sumatera Barat

Gunakan Produk NASA, Jelas Lebih Untung
Sudah dua kali musim saya menanam cabai keriting. Pada musim ini saya menanam bibit cabai keriting dengan benih CK-10 produk pertanian NASA, dengan populasi tanaman sebanyak 1800 batang pohon dan luas lahan 1000 m2. Mengenal produk pertanian NASA pertama kali dari Bp. Sigit (Distributor NASA). Selain itu juga saya menggunakan Super NASA, POC NASA, Hormonik dan GLlO. Tanaman cabai sudah mengalami 7 kali pemetikan dan sekarang hampir 8 kali petik. Saya sudah menghabiskan Super NASA sebanyak 1,5 botol, 4 - 5 botol POC NASA, Hormonik 2 botol, dan GLlO 2 bungkus. Penggunaan GLlO saya campurkan dengan pupuk kompos 2 karung untuk olah lahan awal/dasaran.

Mengenai cara penggunaan produk yaitu Super NASA 1 botol diencerkan kedalam 3 liter air, setiap 40 cc air enceran campuran itu dilarutkan kedalam 10 liter air (1 ember) yang dicampur dengan NPK sebanyak 1 Ons dan KN03, lalu setiap pohon disiram dengan pemberian 200 ml. Larulan itu saya berikan pada saat tanaman baru selesai tanam di lahan. Kemudian perlakuan itu pula dilakukan setiap minggunya. Khusus untuk larutan Super NASA (murni tanpa tambahan NPK) diberikan setiap 2 minggu sekali.

Adapun penggunaan POC NASA dan Hormonik saya semprotkan setiap 1 minggu dengan dosis : 1 botol POC NASA (500 cc) diambil 4 tutup (40 cc), kemudian dimasukkan 4 tutup (40 cc) hormonik ke dalam botol POC NASA tersebut, dicampur dan dikocok, lalu campuran itu diambil 3 tutup yang dimasukkan dalam 1 tangki (14 liter air) dan semprotkan. Dengan perlakuan itu, pertumbuhan tanaman cepat dan bagus, daun tanaman hijau, dan buah lebat. Sudah harnpir 8 kali petik ini, bunga tetap tumbuh, muncul bunga yang makin banyak, buahnya besar-besar, sekarang masih disiram dengan perlakuan seperti biasa dan disernprot.

Sampai dengan petikan yang ke-7, saya telah mendapatkan total 1 ,5 kwintal. Untuk petikan yang ke-8 ini saya prediksikan akan mendapatkan 100 kg, jadi kalau di total dengan petikan ke-8 nanti adalah 250 kg (2,5 kwintal). Dengan hasil itu saya merasa senang. Selain itu juga kualitas buah cabai keras dan berisi, mengkilat dengan warna menarik, sehingga hal ini juga menarik banyak pembeli.

Hasil yang saya rasakan sekarang lebih menguntungkan dari pada sebelum menggunakan produk pertanian PT. NASA. Saya sangat puas dengan menggunakan produk pertanian NASA ini. NASA memang YESSS .....!!!

Yuli Purwanti

Dusun Grogolan, Desa Umbul Martani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman DIY