Melimpahnya Panen Melon

Saat ini saya sedang melakukan proses pemanenan dan penimbangan melon. Luas lahan yang saya tanami melon sekitar 900 m2. Pada musim panen yang lalu dengan luas tersebut melon menghasilkan 1,5 ton.

Sejujurnya sudah lama saya melakukan bertanam melon ini, namun dalam kurun waktu tersebut belum pernah mendapatkan hasil yang sebagus sekarang ini. Mengapa saya bisa mengatakan demikian, karena setelah saya menggunakan produk pertanian PT. NASA panen melon sekarang ini dapat menghasilkan 3 ton dengan berat rata-rata melon per buahnya berkisar 2 - 2,5 kg.

Mengenai penggunaan produk, saya menggunakan Hormonik dosis 10 cc dan POC NASA dengan dosis 20 cc yang dilarutkan kedalam air sebanyak 1 tangki (14 Iiter), padahal sesuai anjuran yang ada di label untuk POC NASA seharusnya 40 cc/tangki, karena saya masih belum begitu percaya dan masih ragu-ragu. Penggunaan Hormonik dan POC NASA saya lakukan ketika melon berumur 2minggu, dan panen saat ini menginjak umur 60 hari. Perlakuan penyemprotan saya lakukan 6 hari sekali.

Setelah saya menggunakan Hormonik dan POC NASA pertumbuhan tanaman makin bagus dan luar biasa, kalau saya memperhatikan pertumbuhannya, saya mengakui lebih bagus musim sekarang daripada musim yang lalu. Dengan menggunakan Hormonik dan POC NASA, usia 25 hari sudah sortir yang biasanya pada usia 30 hari. Pada umur 30 hari sudah melakukan penggandulan yang biasanya pada umur 35 hari. Dengan hasil panen sekarang yang mencapai 3 ton, dari pihak pembeli langsung memberi harga Rp. 1.500/kg, dengan demikian saya mendapatkan uang Rp. 4.500.000.

Untuk masalah biaya pengeluaran ditambah tenaga kerja dihitung bersih, saya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 2.250.000, jadi saya mendapatkan keuntungan Rp. 2.250.000.

Mengenai produk yang telah saya gunakan, pada musim ini saya hanya menghabiskan 3 botol POC NASA dan Hormonik 1 botol. Dengan hasil yang menggembirakan ini, untuk musim depan saya akan kembali menggunakan produk pertanian PT. NASA, karena terbukti panen melon musim ini hasilnya melimpah daripada musim yang lalu.

Suparno

Desa Pesu, Kec. Wedi, Klaten - Jawa Tengah