Pertumbuhan Panili Lebih Cepat
Luas lahan yang saya tanami panili adalah 3 hektar. Umur tanaman sekarang ini mencapai 2 tahun. Hampir 2 bulan ini saya telah menggunakan produk-produk pertanian NASA diantaranya POC NASA, HORMONIK dan AERO 810. Saya tertarik pada produknya karena informasi yang saya dapatkan bahwa produk NASA ini sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tanaman termasuk tanaman panili, oleh sebab itu saya mencoba dan tertarik untuk menggunakan beberapa produk ini. Cara penggunaan beberapa produk tersebut yakni dosis 40 cc POC NASA + 10 cc HORMONIK + 10 cc AERO 810. Semua campuran produk tersebut dilarutkan ke dalam 1 tangki air (14 liter), kemudian saya lakukan penyemprotan dengan interval penyemprotan 2 bulan sekali.

Tanaman panili ini murni hanya menggunakan produk NASA tanpa menggunakan pupukpupuk lainnya dalam jangka waktu 2 bulan ini dan untuk kedepannya. Tujuannya untuk melihat bagus tidaknya produk dari NASA ini. Ternyata setelah saya menggunakan produk NASA, pertumbuhan tanaman panili lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Dahulu tanaman sering hampir mati atau layu, selain itu juga daunnya kuning semua, tetapi sekarang setelah menggunakan produk dari NASA semuanya sehat, malah sudah ada yang berbunga dan berbuah pula.

Setelah menggunakan produk pertanian NASA sesudah 2 bulan ini, tanaman panili mengalami banyak sekali perubahan diantaranya adalah bunga lebih cepat tumbuh, buah dan bunga mengkilap, panjang buah rata-rata mencapai10 cm dan batang tanaman lebih besar. Dengan menggunakan produk pertanian NASA tanaman kembali sehat dan produktif.
Wayan Kasi
Desa Lambunu, Kec. Mautong,
Kab. Parigi Mautong - Sulawesi Tengah

Paling OKE Untuk Pembibitan Panili
Telah bertahun-tahun Bapak Gunawan melakukan usaha pembibitan tanaman panili, dalam kurun waktu itu pula masih banyak kendala yang ia rasakan, diantaranya adalah akan lambatnya pertumbuhan bibit panili yang seharusnya lebih cepat dirinya tanam di media lahan yang ia siapkan. Namun permasalahan itu akhirnya dapat terpecahkan dengan hadirnya produk pertanian PT. NASA yakni POC NASA dan HORMONIK. Berikut ini adalah penuturan dari Bapak Gunawan beberapa waktu yang lalu ketika ditemui oleh Team NASA.

Sudah lama saya melakukan usaha pembibitan tanaman panili, selama itu pula pertumbuhan bibit tanaman belum maksimal atau dengan kata lain saya mengatakan bibit panili tumbuh dengan lambat

Pada akhirnya ada informasi yang masuk dari beberapa teman mengenai produk-produk pertanian dari PT. NASA yang katanya amat bagus untuk digunakan pada pembibitan panili. Kemudian saya mencoba menggunakan produk pertanian PT. NASA diantaranya POC NASA dan HORMONIK.

Setelah saya menggunakan POC NASA dan HORMONIK ternyata membawa dampak perubahan pada bibit panili. Hal ini bisa saya buktikan pada saat saya membuat bedengan, dulu yang tidak menggunakan produk pertanian PT. NASA bibit tanaman panili baru mulai tumbuh dalam kurun waktu + 1 bulan, tetapi setelah saya menggunakan produk pertanian PT. NASA dengan merendam bibit (biji) panili pada campuran 30 cc POC NASA dan 10 cc HORMONIK yang dilarutkan kedalam air 14 liter selama 1 hari 1 malam, kemudian saya masukkan ke polybag. Pada hari ke-15, bibit panili sudah tumbuh dengan tinggi mencapai 2 sampai 3 cm.

Yang perlu saya garisbawahi bahwa sebelum saya menggunakan produk pertanian dari PT. NASA ini, biasanya untuk siap tanam bibit ke lahan memerlukan waktu hingga 3 bulan, tetapi setelah saya menggunakan POC NASA dan HORMONIK, hanya membutuhkan waktu 2 bulan saja, itu saja bibit tanaman sudah tinggi. Dengan demikian ada keuntungan selisih waktu 1 bulan. Produk pertanian NASA memang paling OKE ....!!!
Gunawan
Desa Bangunsari, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi
Jawa Timur