Hasil Panen Strawberry Meningkat Berlipat


Saya menanam strawbery dengan jenis Kristal yang sekarang umur 4 bulan. Lahan yang saya tanami seluas 600 m2. Produk yang saya gunakan diantaranya adalah Hormonik, POC NASA dan PESTONA untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit.

Sebelum saya mengenal produk pertanian NASA, tanaman strawbery mengalami bercak-bercak merah pada daun dan batangnya, setelah itu akhirnya berwarna kuning dan layu. Bukan itu saja tanaman juga sulit sekali untuk tumbuh dengan baik lalu akhirnya mati.Kemudian akhirnya saya mencoba untuk menggunakan produk pertanian dari NASA, dan saya bersyukur karena tanarnan menjadi subur dan daunnya mengkilat tidak layu lagi. Adapun mengenai cara penggunaan produk yaitu : PESTONA dosis 10 cc dicampur POC NASA 1 0 cc dan Hormonik juga 10 cc yang dicampurkan ke dalam 17 liter air (per-tangki), lalu disemprotkan dengan selang waktu 15 hari sekali.

Pada saat itu tanaman sudah berumur 2 bulan, jadi sekarang menginjak umur 4 bulan saya sudah melakukan penyemprotan sebanyak 4 kali. Bercak-bercak merah dan kuning yang menyerang tanarnan kini sudah hilang, sekarang tanaman menjadi subur dan muncul daun yang baru. Buah strawbwery makin mengkilat, padahal dulu sulit sekali tumbuhnya. Dengan menggunakan produk pertanian NASA serangan hama semakin menurun dan penyakit benar-benar tidak berdaya.

Untuk masa panen/petik saya lakukan 2 hari sekali, jika dahulu sekali petik hanya mendapat 2,5 kg (karena tanamannya kurang sehat), tetapi sekarang setelah menggunakan produk pertanian NASA kenaikannya menjadi sangat luar biasa yakni setiap kali petik saya mendapatkan antara 17-18 kg, jadi ada selisih 14,5- 15,5kg.

Untuk 1 kilogram strawbery yang menggunakan produk pertanian NASA berjumlah sekitar 50 buah, sedangkan yang dulu sebelum menggunakan produk pertanian NASA bisa mencapai 100 buah, artinya bobotnya lebih ringan. Harga untuk per-kg biasanya Rp. 12.000. Jadi tiap kali petik saya mendapatkan keuntungan tambahan Rp. 12.000 x 14, 5 = Rp. 174.000 atau bahkan Rp. 12.000x 15,5 = Rp. 186.000,Dari segi kualitas buah, yang menggunakan produk pertanian NASA sebagian besar masuk kedalam buah berkualitas kela sA, sedangkan dulu rata-rata sebagian besar kualitasnya hanya kelas C, yang kualitas kelas B hanya sedikit.

Saya telah menghabiskan PESTONA hanya 1 botol, POC NASA sebanyak 2 botol dan Hormonik sebanyak 3 botol atau kalau saya jumlahkan dengan nilai uang Rp. 119.500, saya mendapatkan hasil panen yang meningkat dan berlipat-lipat. Saya anjurkan kepada petani agar hasilnya meningkat gunakan saja produk dari PT. NASA.

Arif Suyatno

Desa Kalisoro, KeG. Tawangmangu Kab. Karanganyar -Jawa Tengah

Lambungkan Hasil Panen Strawberry

Tanaman strawbery milik saya berumur 3 bulan. Lahan yang saya tanami seluas 1500 m2. Untuk memupuk tanaman saya menggunakan produk pertanian NASA seperti Hormonik, POC NASA, dan Super NASA. Super NASA saya gunakan pada awal olah lahan dengan cara disiramkan.

Sedangkan POC NASA dan Hormonik dengan cara disemprotkan. Cara penggunaannya adalah pada saat olah lahan awal Super NASA diambil 1 sendok makan untuk per tangki. POC NASA dan Hormonik disemprotkan saat tanaman sudah umur 1 bulan, dosis 30 cc POC NASA dan 10 cc Hormonik dilarutkan air dalam 1 tangki (14 Iiter), disemprotkan satu minggu sekali. Setelah menggunakan produk pertanian dari NASA, penggunaan NPK dapat dihemat.

Tanaman yang menggunakan produk NASA produksi buahnya terus menerus, tanaman berbunga dan berbuah, lahan tanaman tetangga yang berbuah baru satu kali terus berhenti, selain itu tanamannya banyak mengalami keriting. Dulu dengan luas 1500 m2 panen setelah tanaman berumur 3 bulan, setiap 2 hari sekali menghasilkan 10 kg, tetapi setelah menggunakan produk NASA, setiap 2 hari sekali bisa mencapai 25 - 30 kg. Dari pertumbuhan, tanaman yang menggunakan produk NASA daunnya hijau mengkilat, bunga lebih cepat dan buahnya tak pernah berhenti, yang tidak menggunakan pertumbuhan kurang baik bahkan ada lahan yang tidak mengalami panen.

Saat ini harga buah strawbery per-kg nya mencapai Rp. 15.000,- jadi setiap kali petik/panen saya mendapatkan Rp.450.000,- per 30 kg-nya. Jika dibanding dulu maka ada selisih untung yakni Rp. 450.000 (30 Kg)- Rp. 150.000 (10 Kg) = Rp. 300.000,- tiap kali petik 2 hari sekali. Pemetikan sudah saya lakukan selama 1 bulan (sebanyak 15 kali petik). Sampai dengan melewati umur 3 bulan ini, saya telah menggunakan 1 botol Super NASA, 3 botol POC NASA, dan 3 botol Hormonik. Dengan menggunakan produk pertanian NASA dapat meningkatkan pendapatan dan penghasilan saya.

Ny. Prapti

Desa Kalisoro Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar- Jawa Tengah